Membuat Menu Navigasi Responsive dengan JQuery

menu navigasi responsive dengan jquery Menu navigasi yang bagus dengan tampilan yang menarik, tentu itu memberikan nilai plus tersendiri untuk tampilan blog tersebut. Menu navigasi ada yang terbuat dari CSS3 saja, dan ada juga di padukan dengan JQuery. Kali ini saya akan membahas sebuah menu navigasi yang saya temukan di sebuah situs berisikan tutorial JQuery. Situs tersebut beralamat jqueryscript.net. Buat kamu yang ingin belajar JQuery lebih dalam lagi, tidak salahnya untuk mengunjungi situs tersebut. Menu navigasi kali ini telah dimodivifikasi ulang susunan scriptnya, dan menurut saya susuna scriptnya disusun agar lebih mudah difahami untuk sahabat blogger sekalian. Dan juga tampilan menu tersebut akan terlihat jauh berbeda dari tutorial yang aslinya pada situs tersebut. Klik disini untuk melihat demonya.

Sebelumnya, pastikan dahulu apakah script pemanggilan JQuery sudah dipasang atau belum pada blog kamu. Jika belum, copy code di bawah ini kemudian pastekan kode tersebut diatas </head>.
<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
Selanjutnya adalah pemasangan script lainnya :

1. Copy kode css dibawah ini, kemudian tempatkan kode tersebut diatas kode </style> atau </b:skin>.
/* Menu Navigasi */
.nav {background:#E5E5E5;height: 35px}
#nav {width: 100%;font: 14px Arial,Tahoma,Helvetica,FreeSans,sans-serif;position: static;}
#nav ul, #nav li {list-style: none;margin: 0;padding: 0;z-index:99999}
#nav > a {display: none;}
#nav li {position: relative;}
#nav li a, #nav li a:hover {color: #fff;display: block;text-decoration: none;}
#nav > ul {background:none;height: 35px}
#nav > ul > li {width: 15%;height: 100%;float: left;list-style: none;margin: 0;padding: 0;}
#nav > ul > li > a {height: 100%;font-size: 14px;font-weight:bold;line-height: 35px;text-align: center;}
#nav > ul > li:hover > a, #nav > ul:not( :hover ) > li.active > a {background-color:#547279;transition: all 0.5s ease-in-out;}
@media only screen and ( max-width:500px) {
#nav {position: relative;top: auto;left: auto;}
#nav > a {width: 35px;height: 35px;text-align: left;text-indent: -9999px;background-color: #E5E5E5;position: relative;}
#nav > a:before, #nav > a:after {position: absolute;border: 2px solid black;top: 35%;left: 25%;right: 25%;content: '';}
#nav > a:after {top: 60%;}
#nav:not( :target ) > a:first-of-type, #nav:target > a:last-of-type {display: block;}
#nav > ul {height: auto;display: none;position: absolute;left: 0;right: 0;}
#nav:target > ul {display: block;}
#nav > ul > li {width: 100%;float: none;}
#nav > ul > li > a {height: auto;text-align: center;padding:1.5px 7px 1.5px 7px;}
#nav > ul > li:not( :last-child ) > a {border: none;}
}
.menu1 {background-color:#1358BA}
.menu2 {background-color:#03C7E9}
.menu3 {background-color:#FE1635}
.menu4 {background-color:#6E8D5A}
2. Copy kode Javascript dibawah ini, dan pastekan kode tersebut diatas </head>.
<script type='text/javascript'>
$( function()
{
$( '#nav li:has(ul)' ).doubleTapToGo();
});
</script>
3. Untuk pemasangan script HTML nya bisa di taruh didalam widget baru (Tata Letak > Tambah Gadget HTML/JavaScript) atau kedalam pengeditan HTML template kamu.
<div class='nav'>
<div id="nav" role="navigation"> <a href="#nav">Show navigation</a> <a href="#" title="Hide navigation">Hide navigation</a>
<ul class="clear-fix">
<li class='menu1'><a href="#">Home</a></li>
<li class='menu2'><a href="#">Profil</a></li>
<li class='menu3'><a href="#">Artikel</a></li>
<li class='menu4'><a href="#">Tutorial</a></li>
</ul>
</div>
</div>
Untuk bagian sub menu sengaja saya hilangkan, karena saya ingin memberikan kesan yang berbeda. Untuk pemasangan sub menu nya bisa kamu pelajari pada sumbernya. Sedangkan untuk pengeditan tampilannya pada versi mobile. Bisa kamu pelajari disini :
http://www.jqueryscript.net/menu/Touch-Friendly-Responsive-jQuery-Dropdown-Menu-Plugin-doubletaptogo.html
77 comments :

saya sudah terlanjur menggunakan css dan ribet lagi kalo harus bongkar lagi wkwk

Keren Kang menu navigasinya warna-warni seper pelangi :)

iya mas,, pusing juga kalau msti ganti lagi tu css menu nav yg lama -__-

Sengaja di bikin pelangi kang. Soalnya org skrng kbnyakan suka sama tampilan yg warna-warni hehe :D

Keren ya mas tapi saya takut ada kesalahan nih kalau menerapkanya. Soalnya bawaanya udah responsive hehe

Kalau saya menyarankan agar memback up data templatenya atau selalu melakukan perview (jgn langsung save) agar bsa ketahuan "kalau ada" trik yg gagal :)

salah satu komponen yang harus ada di blog adalah menu navigasi ya mas. Jadi bisa memudahkan pengunjung untuk membongkar seluruh konten di blog tersebut :D

Kayaknya keren nih gan .. bisa dicoba
http://valentinofebrian.blogspot.com/

code2nya byk jd bingung..tapi jempol sob.. postingannya bermanfaat.. bisa dijadikan bahan untuk belajar..Siippp...heheheh

keren nih menu navigasi responsive dengan jquery, tapi scriptnya lumayan banyak ya mas, hmmm :)

iya mas.. mantap menunya :-d

Bener mbak,, salah satu komponen yg penting dan harus ada pada blog menurut saya :)

Bisa gan tinggal di comot aja tu :D

hehe,, thnks mas.. iya, buat belajar memahami html, css dan js/jquery :D

emng lumayan panjang mbak,, butuh ketenangan kalau mau memasangnya mbak :D

Kunjungan balik perdana sobat
menunya keren responsive lagi

Sama sob saya udah terlanjur pake bawaan template, kalau mau bongkar bisa jadi berantakan, soalnya saya kurang paham kalau masalah coding :(

om admin ane ijin bookmark ya buat praktek :D oke?

~Blogwalking Andrekocak Blog ~

saya cuba memahaminya kerana saya masih kurang faham mengenai coding begini..

Make jQuery yah buat animasi scrollnya. Kenpa ga pake CSS3 Keyframe aja :D

Semuanya butuh proses mas :)

terimakasih sob.. :)

Silahkan sobat Andre.. :)

Pelan2 saja utk memahaminya kak miz :)

Kalau CSS3 sih uda pernah nyoba, cuman gk ngefek sama opera mini.. :D

thanks sob, sudah ane terapin :D

Mantap menu nya mas... saya mau cobain nih :)

Iya sob, sama2.. Sudah ane lihat. Sepertinya sudah mendarat dengan aman :-bd

Lumayan mas.. silahkan di coba2 mas.. sapa tau tambah cantik itu blog ;)

proses kalo bahasa inggrisnya "progress" ya mas bro :D

Dunia emang penuh warna-warni ya. Tapi untuk blog saya masih versi Blue aja mas :)

Iya mas.. yg warna biru jga keren.. :-D

wah keren mas.. jadi kalau pada tampilan mobile menunya jadi bertumpuk begitu ya mas... hehehe boleh nih do coba mas.. terimakasih mas agri...

Cantik warna warni
aku suka sekali

Kalau menu yang sekarang digunakan sudah ada tutorialnya Sob?

Seru, thanks share nya :)

Untuk urusan oprekan html, disimpan saja dulu ya Sob. masih ngebul nih otaknya. He,, he, he,,

Salam,

mau ganti tapi ribet aturnya hehehe

Saya juga suka Mas :)

Met pagi Mas, selamat berakhir pekan, seperti biasa kunjungan rutin :)

Bermanfaat sekali mas... hehe...

Keren mas artikelnya ijin belajar ya diblog kamu.
btw blog kamu juga keren ijin follow ya jangan lupa follback ^_^
Salam: dek-blogger.blogspot.com

Iya mas,, kalau di klik akan menghasilkan tampilan kyk gitu.. sama2 mas Nady :)

Menu sekarang,, sebenarnya ini juga sob tutornya sob.. cuman artikel ini sudah ane modifikasi tampilannya hehe :)

mumet juga hehe,, sama2 sis :)

iya mas, silahkan.. memang butuh ketenangan dan tidak ada beban pikiran baru enak ngoprek scriptnya hehe :)

terimakasih sudah mampir mas Andre :)

sebenarnya gak juga sis,, coba dulu atur perlahan2 pasti gk ribet :)

Sekarang dah siang ni kang.. selamat siang kang :D
terimakasih kang, sudah mampir lagi :)

alhamdulillah jika ini bermanfaat mas :)

Terimakasih mas,, silahkan mas Arif.. Mari sama2 belajar disini :)

capek ngubek-ngubek css lagi mas :D
tapi artikelnya keren nih mas, ijin bookmark dulu deh

mampir juga mas ke blog jelek saya www.mozard.net

terimakasih mas.. silahkan mas gk bakal di larang kok :D

selamat Sore Sob. Apa Menu Navigasi Responsive dengan JQuery ini membuat loading blog Sob ? kalau ringan nanti saya coba praktekkan Sob...

Selamat sore juga sobat Hayardin :) menu navigasi ini tidak akan berpengaruh sama loading blog (terbukti sangat ringan jika dipasang pada blog). Buktinya blog ini sob, cuman tampilan nya saja berbeda dngn tutorial yg saya bagikan.. :)

hehehe, tau aja nih kalau lagi pusing soal html :)

Lama gak mampir eh udah banyak berubah nih ,, mantapzzzz
btw menunya bagi dong hehe

Wah keren nih .. trimakasih gan :) Kunjungan Kembali

haha,, thks kang.. ini juga kali tutornya kang :D

hehe,, terimakasih gan.. :D

mantab mas...bermanfaat sekali, terima kasih tutorialnya

terimakasih mas,, semoga membantu ya ;)

OOT : header kanan di blog saya suka hidden klo diksh gambar atau sesuatu, tapi kadang2 muncul itupun di chrome, di mozilla sama skali tdk muncul, di pageelements dashboard jg spt itu.. kira2 knp y mas?

Maaf mbak, saya tidak bsa mengetahuinya. karena saat ini mbak sendiri tidak memasang 'sesuatu' pada bagian head-ads nya. Kalau saran saya di coba2 aja mbak, hilangkan bagian terntentu atau ubah bagian tertentu yg masih berkaitan pada header :)

oiya mas... gambarnya saya lepas.. hehehe..
cb nti saya pasang lg..
klo diilangin kynya tdk bs mas, tkt ky template kmrn efeknya kmn2 tu.. tp ni template rangkanya kuat cuma bagian footer yg lembek.. [kadang2 melebar sendiri 100%]

cb nti klo ngecek pkai 2 browser mas...

utk sementara ini 2 browser normal mas, saya tmbahin css di html widget #head-ads .widget {margin 0000}. saya paksain buat brantem sama css di template.. hehehe...

nti klo ilang lg sy kabari mas...
sori mas ngrepotin...

baru di omongin yg di mozilla ilang... :'(

Saya sudah mengecek dengan berbagai browser yg saya punya (chrome, mozilla, opera lama, opera 18, sama safari dari tablet). Dan ternyata tidak ada masalah sama bagian header nya. Baik dari sisi kiri mau pun kanannya. Utk ukuran layar max-width: 767px memang bagian header kanan akan hilang karena di bikin display: none. Coba perbaiki bagian Media queries css3 nya mbak, naikkan saja 767 ke 790px atau trsrh brpa. Jika masih ada kendala coba hub saya saja melalui hangout g+ saja mbak :)

bookmark dulu ah .. lagi kerja nih nanggung , minat banget pasang nih plugin .! :)

thanks sob ..

ini ada sub menu nya juga gak ya?

Klo mw sama sub menunya bisa di cek lngsng pd sumbernya yg sudah saya kasih pada akhir postingan :)

Keren.. gan cssnya..

mantap, perlu di coba inih....

Show Emoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to top